Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, September 21, 2011

Tas Ransel Yang Bisa Berubah Menjadi Tandu

Djarum BIA 2011


BIA 2011

KOMPAS.com - Kalau ada inovasi yang lahir dari bencana, mungkin salah satunya adalah Gadar (Gatot Darurat) Tas Emergency. Bisa dikatakan tas darurat sebab selain berfungsi sebagai tas ransel biasa, Gadar bisa diubah fungsi sebagai tandu.

"Pembuatan tas ini berawal dari tragedi Gunung Merapi tahun 2010, saya termasuk relawan bersama kawan-kawan perawat Universitas Muhammadyah Yogyakarta. Saya melihat tandu yang ada berat dan jumlahnya terbatas," kata Gatot Suparmanto, pembuat Gadar.

Gatot mengatakan, Gadar yang dibuatnya bisa menjadi tambahan tandu jika dibutuhkan. Sebagai tandu, Gadar memiliki kelebihan karena anti trauma atau cedera leher. Gadar bisa menampung beban hingga 100 kg serta dilengkapi alat pengaman sehingga korban yang diangkat tak jatuh.

Gadar juga bisa menjadi tandu mobile, bisa dibawa ke mana pun. Dalam kondisi non bencana, Gadar bisa dibawa dalam wujud tas ransel untuk ke kantor. Seketika sesuatu hal terjadi, misal kecelakaan kerja, Gadar bisa segera diubah wujudnya menjadi tandu.

Gadar karya Gatot kini tengah berlomba menjadi pemenang dalam Djarum Black Innovation Award 2011. Pengumuman apakah produk ini bisa menjadi pemenang akan berlangsung pada 24 September mendatang. Detail tentang produk ini bisa dilihat di Blackexperience.com.


KOMPAS

Blog Archive