Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, September 20, 2011

Forum Kemitraan ICT Indonesia-Korsel Digelar

detail berita


Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) telah memainkan dan akan terus memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bisnis dan industri di seluruh dunia. Hal yang sama juga berlaku bagi Indonesia.

Pertumbuhan dan perkembangan yang didorong atau dipelopori oleh ICT akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan bagi Indonesia dalam bidang efisiensi, pengukuran dan kontrol, akuntabilitas dan pertunjukan. Indonesia dari semua lapisan masyarakat dipastikan akan menggunakan TIK dalam setiap aspek kehidupan mereka!

Didorong pertumbuhan tersebut ASPILUKI, the Indonesian Telematic Software & Services Association (ITSA) yang merupakan anggota ASOCIO (Asian-Oceanian Computing Industry Organization) mendapatkan kehormatan mengatur dan mengelola KOREA – INDONESIA ICT PARTNERSHIP FORUM 2011 yang turut juga Kadin Indonesia dan FTII.

Tujuan Forum Kemitraan TIK sendiri adalah untuk menciptakan sebuah strategi Bisnis to Bisnis (B2B) yang terkait antara mitra di Indonesia dengan perusahaan, Solusi dan Service Provider dari Korea.

Pertemuaan ini akan memberikan kesempatan peserta untuk bertukar informasi yang berkaitan dengan produk ICT dari Korea dan peluang pasar terkait TIK di Indonesia. Platform ini juga diarahkan untuk menjadi mediator untuk kegiatan lebih lanjut antara peserta dari kedua negara untuk promosi produk, jaringan dan kesempatan, yang akhirnya ditargetkan untuk menciptakan kerjasama dan usaha untuk saling menguntungkan dari kedua belah pihak.

70 persen dari peserta dari Forum Kemitraan TIK ini diharapkan berasal dari segmen perusahaan Indonesia, yang akan mencakup Sistem Integrator TIK terkait dan 30 persen lainnya dari segmen pengguna akhir, yang meliputi perusahaan swasta, BUMN, lembaga dan departemen.

Pemerintah juga serius menjalan program ini yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi Republik Indonesia, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi, Bpk Tiffatul Sembiring yang akan menjadi pembicara pada hari pertama acara dan pembicara lainnya adalah Wakil Ketua dari KADIN Indonesia.

Segmentasi Produk - Promosi Event

Promosi agresif akan ditargetkan pada perusahaan dan organisasi-organisasi terkait TIK (Vendor, Solusi dan Service Provider). Organisasi-organisasi ini digolongkan ke dalam beberapa segmen 'kebutuhan strategis', yaitu:

*) Digital Broadcasting
*) Elektronik Digital - Digital TV, LED dll
*) Jaringan Solusi - WIMAX, dll Broadband & Teknologi Seluler
*) Perangkat Lunak (Isi)
*) Vertikal Solusi
*) Konvergensi TI - Embedded Systems
*) Industri Elektronik
*) Solusi Teknologi Mobile
*) Solusi Keamanan (Enterprise dan Mobile)

Nantinya sebanyak 43 perusahaan dari Korea akan ambil bagian dengan program ini dan akan menunjukkan produk mereka dan layanan, briefing, dan presentasi khusus diharapkan untuk membantu peserta dalam membandingkan solusi side-by-side. Pihak dari Korea Selatan pun akan mengundang operator terbesar di Korsel, ST Telecom, yang akan mengundang Mr. Abraham Jo, yang menjabat sebagai Executive Director of SK Telecom untuk berbicara sebagai keynote speaker.

Event
Untuk tujuan memaksimalkan dampak dari acara ini bagi peserta baik Korea dan Indonesia, event organizer telah menyiapkan kegiatan strategis dikemas selama 2 Hari.

Program ini merupakan tonggak kerjasama bilateral yang telah dilakukan melalui program interaktif seperti pertandingan membuat yang mengarah ke usaha patungan dan diharapkan menjadi seri puncak dari program yang dapat terlihat ketika kedua belah pihak pada saat selesainya pertandingan membuat program yang dapat mengatur Nota Kesepahaman atau Perjanjian Kerjasama, program ini tidak hanya seminar biasa atau seremonial.

Kesimpulan

Program ini merupakan tonggak kerjasama bilateral yang telah dilakukan melalui program interaktif seperti membuat yang mengarah ke usaha patungan dan diharapkan menjadi seri puncak dari program yang dapat terlihat dari kedua belah pihak. Sehingga pada saatnya nanti program ini membuat program yang dapat mengatur Nota Kesepahaman atau Perjanjian Kerjasama, program ini tidak hanya seminar biasa atau seremonial.

Sangat baik untuk kedua belah pihak untuk membuka peluang investasi dalam bentuk usaha patungan di TIK untuk memperkuat hubungan jangka panjang dan dapat membantu bisnis tumbuh lebih cepat, meningkatkan produktivitas dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.(adv) (tyo)


Okezone

Blog Archive