Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, September 22, 2011

Gerobak "Transformer" Bernama Growboll

Djarum BIA 2011

BIA 2011

KOMPAS.com - Mungkin terdengar berlebihan menganalogikan gerobak buatan Ahmad Lukman Hakim dengan robot transformer. Namun, begitulah kira-kira gambaran dari produk buatannya yang diberi nama Growboll ini.

"Alat ini merupakan suatu konsep sederhana dari sebuah tempat penyimpanan dan alat untuk memudahkan memindahkan benda yaitu gerobak," jelas Ahmad dalam penjelasan yang menyertai proposalnya. Bentuknya bulat seperti telur yang bagian-bagian.

Namun, alat ini bisa dibongkar pasang dengan mudah dan dialihfungsikan sesuai keperluan. Tidak hanya gerobak, Growboll bisa diubah menjadi kios kecil untuk berjualan. Bahkan, bisa dijadikan meja unik untuk tempat makan.

Hal ini karena komponen-komponennya bisa dicopot seperti lego. Bisa ditambahkan roba untuk memudahkan saat akan dipindahkan. Bisa ditambah pegangan tangan, atap, meja, dan kursi kecil. Kalau Transformer berubah dari mobil menjadi robot, gerobak ini bisa berubah-ubah bentuk sesuai kebutuhan penggunanya.

Growboll merupakan salah satu dari 20 finalis Djarum Black Innovation Award 2011. Ia harus bersaing untuk bisa memenangkan kompetisi desain tahunan itu yang akan diumumkan pada 24 September 2011 mendatang.


KOMPAS

Blog Archive