Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, September 22, 2011

Ada 65 Ribu Hacker di Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta - Berapa jumlah peretas (hacker) di Indonesia? Menurut pengamat Teknologi Informasi Onno W. Purbo , Indonesia memiliki 65 ribu hacker. "Basis terbesar di Yogyakarta, peretas di Yogya lebih aktif dan kreatif," kata Onno W Purbo di acara peluncuran Norton Internet Security dan Norton Anti Virus 2012,

di Jakarta, Kamis 22 September 2011.

Onno menjelaskan hacker akan terus berkembang dan perguruan tinggi adalah "kawah candradimuka" untuk belajar dan membuat virus. "Peretas di Yogya meluncurkan suatu aplikasi seputar peretasan yang bernama X-Code dan bisa diunduh gratis di Internet," katanya.

'Karya' hacker lainnya adalah virus lokal yang mampu memformat hard drive tanpa seizin yang punya, mencuri data kartu kredit bahkan membobol akun jejering sosial seperti Facebook setelah membajak akun emailnya.

Onno mengatakan seorang peretas yang hebat bukan saja mampu membuat virus dan mengambil data seseorang untuk kepentingan pribadi tapi juga membuat sistem keamanan yang kuat supaya tidak bisa ditembus oleh para peretas lainnya.

Ketika ditanya tentang cara menjadi peretas hebat, Onno mengatakan orang tersebut harus benar-benar suka komputer. "Istilahnya computer geek. Kata siapa gampang?, dia bisa nggak tidur tujuh hari tujuh malam melototin komputer," katanya berkelakar.

Menurut Onno beberapa hacker di Indonesia ada yang menjadi ahli keamanan di perusahaan Internasional. [ANT | PGR]



TEMPOInteraktif

Blog Archive