Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, September 22, 2011

Duang, Ventilasi Tanpa Listrik

Djarum BIA 2011

BIA 2011

KOMPAS.com - Sakud, salah satu finalis Djarum Black Innovation Award 2011 membuat produk inovatif bernama Duang. Produk ini adalah ventilasi yang dirancang tanpa menggunakan listrik atau bahan bakar apapun, lebih efisien dibandingkan AC ataupun Exhaust Fan.

"Duang didesain karena saya merasa kepanasan di sebuah rumah kontrakan. Setelah saya perhatikan, ternyata ventilasi ruangan tidak diperhatikan dengan baik. Maka terpikirlah ide pembuatan Duang," kata Sakud di web Blackexperience.com.

Untuk menciptakan Duang, Sakud memulai dengan percobaan sederhana. Ia menggunakan botol air mineral bekas dan kertas sebagai mock up, dibantu dengan asap rokok untuk simulasi pengaliran udara. Dengan cara ini, Sakud bisa yakin alat yang diciptakannya bisa bekerja.

Sakud mengungkapkan, "Duang juga didesain agar manusia terbiasa menghirup udara bersih tanpa olahan alat pendinginan." Dengan inovasi ini, manusia bisa menghirup udara yang lebih sehat sekaligus menghemat energi.

Yoris Sebastian, salah satu dewan juri Black Innovation Award mengatakan, Duang adalah salah satu produk yang cukup inovatif. "Bila Duang benar-benar bisa diaplikasikan, maka ini bukan hanya inovasi, tapi juga invention," katanya.

Saat ini, Duang terpilih sebagai 20 karya yang masuk babak final dan telah dibuat mock up-nya. Penilaian terhadap karya ini telah dilakukan minggu lalu. Pengumuman apakah menjadi pemenang akan dilakukan pada 24 September 2011 mendatang.



KOMPAS

Blog Archive