Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, September 23, 2011

Google Wallet Siap Diluncurkan Hari Ini

Zams Site - Google sedang mempersiapkan era baru perdagangan online, yang memungkinkan sistem pembayaran baru menggantikan kartu kredit. Dengan aplikasi Google Wallet, Google memungkinkan pembeli menggunakan ponselnya sebagai media pembayaran, hanya dengan men-scan ponsel sebagai pengganti kartu kredit.

Google pun dikabarkan siap meluncurkan layanan Google Wallet 19 September 2011, atau beberapa jam lagi waktu Amerika Serikat.
Seperti dikutip dari laman TechCrunch, tanggal 19 September sebagai tanggal peluncuran Google Wallet diketahui dari sebuah dokumen yang dikirim ke sejumlah mitra Google. Dokumen itu juga menyebutkan Google Wallet sebagai aplikasi yang bisa digunakan di ponsel berbasis Android produksi Google, Sprint Nexus S.
"Google Wallet diluncurkan 19 September 2011. Google Wallet merupakan aplikasi di smartphone yang memungkinkan pengguna ponsel Android Sprint Nexus S menggunakan ponselnya sebagai dompet," demikian yang tertulis dalam dokumen tersebut.
Sebelumnya, Google memang telah meluncurkan iklan televisi mengenai Google Wallet. Iklan yang dibintangi karakter dari serial televisi Seinfeld, George Costanza, menggambarkan repotnya jika terus menggunakan dompet.

Ponsel yang baru kompatibel dengan Google Wallet memang baru Nexus S 4G. Ponsel itu pun baru tersedia di Amerika Serikat. Agar sistem pembayaran itu bisa digunakan, memang membutuhkan chip NFC (Near Field Communication), yang sudah ada di Nexus S.

Google telah mengumumkan akan membawa sistem pembayaran ini ke ponsel android lain yang belum menggunakan NFC. Namun hingga sekarang belum jelas kapan teknologi itu bisa digunakan di ponsel non-NFC.

Selain itu, mitra-pembayaran dalam penggunaan Google wallet juga masih menjadi kendala. Baru Mastercard yang secara resmi bisa menggunakan layanan Google Wallet. Mungkin, Google akan mengumumkan sejumlah kejutan dalam peluncuran Google Wallet nanti.

Peluncuran Google Wallet ini diperkirakan menjadi bagian strategi Google sebelum meluncurkan ponsel Android terbarunya, Nexus Prime, bulan depan. Nexus Prime merupakan ponsel yang juga menggunakan teknologi NFC dan akan memiliki fungsi sebagai dompet, dengan aplikasi Google Wallet. 
Lebih jauh tentang Google Wallet, baca juga: Ponsel Android Akan Menggantikan Kartu Kredit. (umi)

Blog Archive