Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, September 20, 2011

Reaktor Nuklir Tutup Karena Diserbu Ubur-Ubur

Zams Site - Dua reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Torness di kawasan Edinburgh, East Lothian, Skotlandia terpaksa ditutup. Alasannya adalah karena banyaknya ubur-ubur datang ke perairan di sekitar pembangkit listrik.

Tidak hanya berenang di sekitarnya, ubur-ubur itu diketahui memasuki fasilitas dan menghalangi filter air pendingin.

EDF Energy, operator pembangkit listrik East Lothian itu menyebutkan, penutupan PLTN itu merupakan langkah pencegahan dan tidak mengakibatkan munculnya ancaman bagi masyarakat sekitar. Operasi pembersihan segera digelar, namun baru beberapa hari kemudian PLTN itu kembali beroperasi.

Sebagai informasi, Torness memiliki dua Advanced Gas Cooled Reactors. Namun ia juga mengandalkan pasokan air laut untuk memastikan sistem pendinginan bekerja dengan aman.

Untuk tetap bersih, ia memiliki filter yang didesain untuk mencegah rumput laut dan hewan air lainnya memasuki sistem pendinginan. Namun jika saringan tersebut menjadi tersumbat, reaktor perlu dimatikan, sesuai dengan prosedur keamanan yang berlaku.

“Tidak ada ancaman bahaya yang muncul akibat kejadian ini,” kata juru bicara EDF Energy, seperti dikutip dari BBC, 5 Juli 2011. “Tidak ada bahaya dari aspek radiologi terkait penutupan reaktor dan tidak ada dampak terhadap lingkungan,” klaim juru bicara tersebut.

Saat ini belum diketahui mengapa tiba-tiba muncul banyak ubur-ubur di kawasan tersebut. Dari pemantauan, temperatur air di pesisir timur Skotlandia relatif normal. Namun demikian, temperatur di atas rata-rata di kawasan lain di Laut Utara mungkin jadi pemicu hijrahnya para ubur-ubur.

Sebelum ini, beberapa tahun terakhir sejumlah pembangkit listrik tenaga nuklir di Jepang telah berkali-kali mendapat serbuan ubur-ubur. Awal Juni lalu, seekor anjing laut abu-abu berhasil diselamatkan di pembangkit listrik tenaga nuklir di Somerset, Inggris. Ia terperangkap di kawasan penyedot air setelah mengejar ikan yang lari ke sana. Untungnya ketika itu operasional PLTN tidak terpengaruh.

Blog Archive