Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, September 6, 2011

Pemilik Akun @poconggg Terbongkar, Siapa Berikutnya ….

Identitas poconggg. (@siapapoconggg)

TEMPO Interaktif, Namanya @poconggg. Berbeda dengan pocong-pocong yang berseliweran di bioskop-bioskop, poconggg lebih terkenal di jejaring sosial Twitter. Pengikutnya juga lumayan banyak, yakni mencapai 784 ribu. @presidenSBY hanya punya pengikut 32 ribu. Banyak yang suka dengan tweet-nya karena kerap kali lucu.

Popularitas @poconggg pun makin meninju langit setelah dia merilis buku yang super laris: Poconggg juga Pocong. Sebetulnya buku itu biasa saja. Untuk orang yang sudah tua bangka, tertawa pun rasanya sulit. Untuk yang kategori om-om, paling juga berkomentar mirip Lupus, bacaan mereka di tahun 1980-an.

Namun, kenyataannya banyak yang suka. Saat dijual, buku ini langsung diburu. Satu jam ludes, bahkan kemudian dicetak ulang. Siapa penimat buku ini? Rata-rata kebanyakan anak remaja. Di kereta dan bus, terlihat beberapa remaja cekikikan membaca buku bersampul gambar Justin Bieber dan Lady Gaga menanti tanda tangan Poconggg itu.

Hanya saja, identitas @poconggg disembunyikan. Tidak boleh ada satu pun yang tahu jati diri si Pocongg ini. Pun begitu, ketika dia sudah terkenal. Poconggg seperti pemeran pocong di bioskop-bioskop yang namanya tidak pernah ditulis pada credit tittle di ujung film.

Banyak yang penasaran? Sudah pasti. Namun, entah alasannya, mungkin karena kepingin misterius, identitas ini tetap tak ada yang tahu. Tapi, seperti pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat, pasti jatuh juga. Nah, seorang pemilik akun @siapapoconggg kerja keras siang malam. Dia benar-benar penasaran dengan kiprah si pocong ini.

Eng ing eng..... dia pun bekerja. Tidak mudah memang karena si poconggg memang menutup diri. Diajak wawancara, ogah. Ketemuan apalagi. Walhasil, dia pun ambil jalan samping. Dia pun menjerit di Twitter, barang siapa yang kenal @pocongg harap menghubunginya.

Eh, nyaut. Seseorang yang mengaku teman dari temannya @poconggg menawarkan bantuan. Syaratnya, dia ditransfer uang sebanyak setengah juta. “Kita sebut saja orang ini “L”. Syaratnya, saya harus bayar L sebanyak 500 ribu rupiah. Saya bayar dia."

Dia pun menyebutkan seseorang di balik akun @poconggg, yakni @ariefmuhammad. Namun, si pencari ogah percaya begitu saja. Dari sebuah artikel di situs online yang berkisah tentang larisnya buku Poconggg juga Pocong, dia mendapatkan titik terang.

Ada 4 orang yang berperan dalam penerbitan bukunya itu. Mereka adalah @windyariestanty, @benakribo, @shitlicious, dan @raditya dika. Aha, ternyata mereka adalah pengikut akun @ariefmuhammad. Cukup aneh bagi dia. Arief Muhammad bukanlah selebritis.

Dari situlah, si penasaran itu mengecek di situs google.com. "Saya google image @ariefmuhammad, ternyata ada foto tumpukan buku Poconggg juga Poconggg di akun lockerznya. Dia lagi ngecek penjualan bukunya sendiri. Tapi dia lupa, dia menaruh fotonya di akun @ariefmuhammad, bukan @poconggg!"

Benarkah dia si @poconggg? Tak ada yang bisa memastikan. Namun, menurut @siapapoconggg, berkali-kali dia men-tweet dan mengirimkan e-mail, tak ada balasannya. “Nama asli @ariefmuhammad di Twitter yg tadinya Muhammad Arief langsung berubah jadi Armuh Yakoeb."

Namun kemudian, muncul pula spekulasi bahwa terkuaknya identitas poconggg karena akan dibuat film tentang poconggg. Pernyataan tersebut dikicaukan oleh Jenny Jusuf. Melalui akun @JennyJusuf: Admin kebongkar? DIBONGKAR, kali. Bentar lagi, kan, filmnya keluar. Promo gretongan. #bukannyinyir #cumangemeng #tapiyakinbener #udahah #kabur.

Ranah Twitter pada akhirnya bukan lagi sekadar asal cuit-cuit, ada dunia lain di sana. Membongkar misteri @poconggg menjadi fenomena unik. ”Ini enggak berhenti sampe sini. Saya juga akan membongkar identitas pemilik akun Twitter terkenal yg lain.” Makin seru, ternyata poconggg bisa ditangkap. Asyiiiik....[DIANING SARI]


TEMPOInteraktif


Blog Archive