Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, July 21, 2011

Peralatan Tenaga Surya Cocok untuk Pulau Kecil

SOLO--MICOM: Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun mengatakan peralatan dengan tenaga surya cocok diterapkan di pulau-pulau kecil di Tanah Air. Selain hemat, sinar matahari juga melimpah di wilayah itu.

"Saya tertarik dengan yang dipamerkan di Solo Technopark, berupa peralatan energi surya. Teknologi ini sangat cocok untuk warga kita yang tinggal di pulau-pulau kecil itu," katanya ketika meninjau Solo Technopark di Solo, Jawa Tengah, Rabu (20/7).

Ia mengatakan, puluhan juta penduduk Indonesia tinggal di pulau-pulau kecil. Oleh karena itu, ia akan minta para bupati di daerah kepulauan untuk studi banding ke Solo Technopark, agar mengetahui manfaat teknologi tenaga surya.

Alex yang didampingi Wali Kota Solo Joko Widodo beserta rombongan saat itu juga menyaksikan pengoperasian alat pengolah rumput laut, sejak proses pengeringan sampai menjadi tepung yang siap untuk dibuat berbagai macam makanan. Selain itu, juga menyaksikan proses pengelasan di dalam air.

Teknologi tenaga surya yang dipamerkan, antara lain pompa air tenaga surya yang mampu menyedot sampai kedalaman 50 meter, pengering rumput laut tenaga surya, sun rays yang menfaatkan tenaga surya untuk memanaskan air, serta beberapa mesin diesel yang menggunakan aneka ragam bahan bakar (solar, minyak jarak, minyak kelapa). (Ant/OL-01)



MediaIndonesia

Blog Archive