Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Monday, July 25, 2011

Butuh Rekomendasi Belanja, Buka freco.com

Screenshot freco.com (Antara News/freco.com)

Jakarta (ANTARA News) - Menjawab kebingungan anda mencari referensi tentang barang atau jasa yang anda butuhkan, sebuah layanan rekomendasi online, freco.com, diluncurkan Rabu di Jakarta.

Sesuai namanya "freco" yang berarti friend's recommendation atau rekomendasi teman, menurut pemiliknya PT Makmur Sukses Untung (MSUN), freco.com menyajikan banyak rekomendasi barang dan jasa hingga hal-hal kecil.

Dari rekomendasi mengenai bengkel, dokter gigi, hingga info tukang pijit atau tukang perbaikan atap rumah bocor bisa anda temukan di freco.com.

Website itu dirintis oleh R Ari Sudradjat, Herjuno Wahyu Aji, dan Anton Nasser sejak April lalu. Alasan mereka membuat layanan ini adalah ingin menyediakan pilihan terbaik bagi masyarakat sebelum mereka memutuskan untuk membeli barang atau jasa.

"Jangan sampai sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar tapi mendapatkan barang/jasa yang kualitasnya kurang bagus," kata MSUN dalam siaran persnya.

Menurut Direktur Utama MSUN R Ari Sudradjat, yang pernah dinobatkan sebagai 3rd Asia's Best Enterpreneur under 30 oleh Majalah Business Week pada 2008, MSUN telah menanamkan investasi 40 ribu dolar AS untuk freco.com.

"Ketika seseorang mau membeli barang atau jasa, mereka tinggal memasukkan kata kunci ke dalam freco.com. Setelah itu freco.com akan menampilkan barang/jasa yang direkomendasikan oleh teman," kata Ari.

Data yang ada di freco adalah data yg diberikan oleh pengguna lain berdasarkan pengalaman mereka sendiri.

Menurut Ari, kekuatan utama dari freco.com karena rekomendasi yang dicari oleh pengguna akan dihimpun berdasarkan pertemanan facebook, twitter, yahoo messenger dan lain-lain.

Jadi, rekomendasi dari teman atau keluarga lah yang akan terlihat paling atas. Jalur pertemanannya otomatis diambil dari situs pertemanan, karena rekomendasi yang didapat dari pengalaman teman/orang yang telah mencobanya, otomatis akan terjamin kwalitasnya.

Awak freco.com juga mewawancarai para selebritis atau orang terkenal untuk memberikan rekomendasinya, agar bisa menjadi acuan nilai lebih bagai masyarakat yang mencari referensi.

Beberapa public figur yang sudah memberikan rekomendasi antara lain; Marissa Nasution, Raffi Ahmad, Chris John (petinju), Thalita latief, Jessica Iskandar, Ananda Omesh, Farah Quin, Sarah Sechan, Dokter Boyke, Fitri Tropika, Dinda Kanyadewi, dan lain-lain.

freco.com yang merupakan kombinasi produk web campuran wikipedia dan facebook, juga bisa digunakan terbalik, yaitu untuk mengetahui referensi barang/jasa yang kita akan pilih.

Misalnya saat kita akan berobat dengan dokter A, kita bisa memasukkan nama dokter A nanti akan kita lihat apakah ada orang lain yang pernah dilayani dokter tersebut dan bagaimana review-nya.

”freco.com dapat diakses dari handphone, smartphone ataupun dari komputer biasa, sehingga sangat praktis, kapan pun dibutuhkan bisa diakses setiap saat,” ujar Ari.

Bila yang anda cari benar-benar tidak ada dalam database freco, maka akan di tampilkan di sebelah kanan freco.com, harapannya akan ada pengunjung freco lain yang mengisi rekomendasi.

Disajikan gratis untuk di akses, pendapatan freco.com mengandalkan iklan kerja sama dengan ad-network seperti google adsense, admob, buzzcity dan lain-lain.

Pemasang iklan memiliki dua pilihan tarif, pay for impressions (CPM) atau pay for click dengan range sekitar 0,02 - 0,06 dolar per klik. “Secara bisnis jika sudah banyak pengunjungnya sumber pendapatannya akan berasal dari iklan,” kata Ari.

Sekarang freco.com yang menyediankan ribuan info, telah menghasilkan 100.560 hits dan 25.928 pages.

"Justru disinilah kelebihannya. Kadang kalau di situs-situs lain yang di-review atau direkomendasikan sesuatu yang besar, kalau di sini apa saja boleh. Mau yang simple-simple dari tukang pijit pun bisa," tutup Ari.(S026/B010)



ANTARAnews

Blog Archive