Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Tuesday, July 12, 2011

Penetrasi Internet Indonesia Terendah di ASEAN

Ilustrasi siswa berinternet [TRIBUN BATAM/IMAN SURYANTO]

JAKARTA, KOMPAS.com
- Tingkat penetrasi internet di Indonesia masih terendah di wilayah Asia Tenggara. Bahkan konsumen online lebih jarang dibandingkan sesama konsumen pada lingkup wilayah yang sama.

Hal ini dikemukakan oleh Managing Director Divisi Media Nielsen Indonesia, Irawati Pratignyo, berdasarkan data rilis pers Nielsen Southeast Asia Digital Consumer Report yang akan diluncurkan tanggal 30 September 2011 nanti.

Irawati mengungkapkan, hanya satu dari lima warga Indonesia berusia 15 lebih yang menggunakan internet dengan persentase sebesar 21 persen. Dengan kelompok umur yang sama, Singapura dapat mencapai 67 persen, dan merupakan tingkat penetrasi tertinggi di Asia Tenggara.

"Penetrasi internet di Indonesia adalah terendah di antara mereka yang berusia 50 plus, di mana hanya satu persen dari konsumen mengakses online," sebut Irawati dalam rilis yang diterima Kompas.com, senin (11/7/2011).

Hal ini berkebalikan dengan statistik penggunaan telepon dan perangkat genggam, di mana Indonesia berhasil menjadi yang pertama dalam penggunaan perangkat tersebut untuk mengakses internet. Saat ini, pengguna internet di Indonesia yang melakukan akses melalui telepon genggam sebanyak 48 persen. Sedangkan, akses internet melalui perangkat genggam sebesar 13 persen.

Nielsen melihat persentase tersebut dapat meningkat menjadi 53 persen dan 30 persen dalam satu tahun ke depan.


KOMPAS


Blog Archive