Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, July 7, 2011

4 Hal yang Memaksa Telkom Berubah

Acara kuliah umum (afz/inet)


Direktur Umum Telkom Rinaldy Firmansyah dalam kuliah umumnya tentang leadership di Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB memaparkan hal tersebut.

Menurutnya, saat ini masyarakat mengalami empat perubahan besar. Yakni perubahan lifestyle, perubahan teknologi, perubahan regulasi dan perubahan lingkungan bisnis.

"Ini kenapa Telkom juga berubah. Kita harus berubah memenuhi tuntutan perubahan tersebut," katanya, Kamis (7/7/2011).

Lebih lanjut Rinaldi mencontohkan salah satu perubahan yang dilakukannya adalah telepon kabel (fixed line) yang mulai tergerus pelanggannya.

"Telepon kabel sudah tidak laku. Kita harus melihat apa yang laku. Internet dan seluler yang laku sekarang. Ya sudah, kita perkuat itu," terangnya.

Namun perubahan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan. Cepatnya perubahan juga menjadi tantangan tersendiri.

"Perubahan teknologi misalnya. Dulu 3G muncul, tiba-tiba mau muncul 4G. Dan sekarang ada lagi LTE. Padahal dulu waktu belanja modalnya sampai triliunan rupiah, tapi sudah berubah teknologinya. Kita mau tak mau harus mengikutinya. Makanya diperlukan perencanaan bisnis yang matang untuk menghadapinya," Rinaldi menandaskan.( afz / ash )


detikInet

Blog Archive