Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, August 21, 2011

Software Gratis untuk Pengusaha Kecil

Kasir kelontong bisa memanfaatkan program berbasis Web ini lewat komputer atau ponselnya.



Seorang kasir menggunakan laptop (VIVAnews/Tri Saputro)



VIVAnews -
Sektor riil dan usaha kecil menengah merupakan ujung tombak perekonomian nasional dengan penyerapan tenaga kerja yang lebih dari 90 persen, serta sumbangan sekitar 61 persen dari total produk domestik bruto Indonesia.

Untuk membantu sektor di bidang teknologi, pengembang distro Linux tanah air, RimbaLinux, meluncurkan sebuah software gratis untuk kasir, yang dipersembahkan secara gratis kepada para pengusaha kecil, bertepatan dengan momentum kemerdekaan Indonesia.

Software bernama AhadPOS itu diharapkan bakal membantu UKM untuk mengatasi kendala terbesar mereka dalam proses penjualan dan memonitor stok barang (inventory control).

"Pekerjaan mengontrol stok cukup memakan waktu dan implementasinya secara manual sangat rentan terhadap kesalahan." ujar Harry Sufehmi dari RimbaLinux, melalui rilis resminya.

Di pasaran, memang sudah banyak beredar berbagai sistem POS (Point of Sales) lain untuk kasir toko. Namun, menurut Harry, software POS tersebut biasanya harganya mahal, fiturnya kurang lengkap, tak bisa dikembangkan, dan kurang reliabel.

Dengan AhadPOS, seorang kasir kelontong bisa memanfaatkan program berbasis Web ini melalui komputer, laptop, tablet, maupun ponsel pintar (smartphone), semuanya secara gratis.Software tersebut bisa diunduh di sini.

Selain itu, RimbaLinux juga menyediakan software AhadPOS yang telah dibundel sebagai Virtual Machine (VM), sehingga setelah mengunduhnya, software ini bisa langsung dijalankan tanpa perlu melakukan setup Apache/ MySQL/ PHP lagi. Versi ini bisa diunduh di sini. (sj)

VIVAnews


Blog Archive