Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday, August 24, 2011

Sambut Lebaran, Stasiun dan KA Dipasang Wi-Fi

Pada tahap awal, Wi-Fi tersedia di 7 stasiun dan 82 kereta eksekutif di Pulau Jawa.



Pada tahap awal, penyediaan layanan internet dan Wi-Fi ini mencakup 7 stasiun dan 82 kereta eksekutif di pulau Jawa. Ada koneksi gratis, ada pula yang berbayar. (ANTARA/Andika Wahyu)



VIVAnews
- Indosat Mega Media (IM2), penyedia jasa internet dan multimedia serta PT Kereta Api Indonesia (KAI) sepakat bekerja sama untuk menyediakan layanan internet broadband IM2 pada para pengguna kereta api.

Pada tahap awal, penyediaan layanan internet dan Wi-Fi itu mencakup 7 stasiun dan 82 kereta eksekutif di Pulau Jawa.



Menurut Direktur Utama IM2, Indar Atmanto, pengguna layanan kereta api adalah masyarakat yang sifatnya commuter atau mobile. Untuk itu, pihaknya bersama PT KAI mencoba untuk memberikan fasilitas tambahan pada pengguna jasa kereta api dalam bentuk koneksi internet broadband saat di perjalanan.



“Dengan fasilitas ini, semoga minat masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api akan meningkat,” kata Indar di Jakarta, Rabu 24 Agustus 2011.



Sementara itu, Direktur Komersial PT KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito, menyebutkan, tersedianya layanan internet broadband merupakan nilai tambah dari KAI dalam hal memberikan pelayanan pada seluruh penggunanya.



“Diharapkan, tersedianya layanan internet broadband tersebut dapat meningkatkan competitiveness KAI sebagai penyedia jasa transportasi di Tanah Air,” ucap Sulistyo.



Rencana kerja sama penyediaan layanan internet Wi-Fi IM2 dan KAI akan mencakup penempatan layanan akses internet broadband Wi-FI di 7 stasiun besar yaitu Gambir Jakarta, Bandung, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, Surabaya Turi, dan Surabaya Gubeng.



Selain di 7 stasiun, layanan Wi-Fi juga meliputi perjalanan kereta api dengan tujuan Jakarta–Bandung (Parahyangan), Jakarta–Surabaya (Sembrani), Jakarta–Surabaya (Bima), Jakarta–Yogyakarta (Argo Lawu), Jakarta–Semarang (Argo Muria), Jakarta–Solo (Taksaka), Surabaya–Yogyakarta (Sancaka), dan Surabaya–Bandung (Argo Wilis). Keseluruhan perjalanan kereta api tersebut berjumlah 82 Kereta.



IM2 menyediakan 2 nama jaringan Service Set Identifier (SSID) yang bisa digunakan. Ada yang gratis, namun hanya bisa untuk melakukan browsing tanpa bisa download. Adapula yang berbayar dengan tarif Rp0,5/Mb yang dapat digunakan untuk melakukan apa pun.



Saat ini, kerja sama antara IM2 dan PT KAI baru mencakup wilayah Pulau Jawa. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan kerja sama akan dikembangkan ke luar Pulau Jawa, khususnya bila sambutan masyarakat pengguna kereta terbilang baik. (art)





VIVAnews


Blog Archive