Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, August 27, 2011

Inilah Aplikasi Pendamping Mudik

Google Map 5.0 (Foto: Engadget)



TEMPO Interaktif
, Jakarta - Bagi pengguna kendaraan pribadi, informasi tentang keadaan arus lalu lintas amat penting untuk kelancaran perjalanan saat mudik. Ada banyak layanan yang menyediakan informasi lalu lintas, seperti media cetak, televisi, radio, dan media online.

Selain saluran informasi tersebut, ada baiknya Anda juga mengakses info mudik yang terdapat pada jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter.



Kelebihan info mudik dari media sosial ini adalah Anda bisa berbagi informasi satu dengan yang lain sembari menanyakan arus lalu lintas di daerah tertentu. Sifatnya interaktif.



Jika ada anggota jejaring sosial itu yang kebetulan tahu atau berada di tempat yang Anda tanyakan, informasi yang Anda butuhkan segera mengalir.



Selain itu, ada pula beragam aplikasi yang menyuguhkan informasi rumah makan sampai bengkel terdekat dari lokasi Anda. Tapi sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan pulsa telepon Anda mencukupi untuk mengakses atau mengunduh.



Info Mudik dan Balik Lebaran 2011




Untuk bisa membaca dan berbagi info arus mudik, Anda harus mengirimkan permintaan untuk bergabung dengan grup ini. Grup ini sudah dibentuk sejak 2009. Saat ini anggotanya lebih dari 3.523 orang.



Dengan anggota yang banyak, ada banyak pula informasi yang bisa diperoleh. Selain itu, Anda bisa juga mengetahui keadaan terkini di titik-titik ruas jalan tertentu dari kiriman foto yang dikirim anggota grup.



Anda juga bisa meminta bantuan informasi tentang arus lalu lintas di daerah atau jalan yang akan dilalui. Beberapa pertanyaan lain juga bisa diajukan di dalam grup ini, misalnya jarak tempuh dan jalur mana yang lancar.



Facebook: RTTMC.DitjenHubdat – Twitter: @infomudikllaj



Ini adalah akun Facebook dan Twitter milik Road Transport and Traffic Management Center Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Anda tinggal mengklik “like” atau “follow” untuk bisa memperoleh dan berbagi informasi di akun ini.



Dengan dukungan CCTV, informasi yang disampaikan Rttmc Hubdat cepat diperbarui. Banyak titik-titik ruas jalan yang dipantau lewat CCTV, yang setiap saat akan diinformasikan kepada para pengguna jalan.



=> Facebook: Pantau Mudik, Twitter: @pantaumudik



Akun Facebook dan Twitter Pantau Mudik cukup aktif dalam memberikan pantauan arus lalu lintas. Informasi yang disampaikan juga selalu diperbarui. Informasi yang disampaikan tidak saja sekadar pantauan arus lalu lintas, tapi juga informasi pendukung mudik lainnya, seperti tempat-tempat memperoleh peta digital jalur mudik.



Twitter: @NTMCLantasPolri



Akun ini milik Korps Lalu Lintas Kepolisian RI. Oleh karena itu, jangkauannya mencakup seluruh Indonesia. Dengan mengikuti akun ini, Anda akan bisa mendapat update informasi keadaan cuaca dan arus lalu lintas, mulai dari Nagrek, Gadog, Cikampek, Puncak, hingga situasi arus lalu lintas di Jalan Malioboro Yogyakarta.



Google Maps



Layanan panduan peta ini sudah bisa diunduh untuk semua jenis ponsel pintar. Google Maps mampu memberikan rincian kawasan atau daerah yang ingin kita tuju, cukup dengan mengetik daerah yang ingin kita lewati.



Panduan peta dari Google ini juga bisa memberikan arahan rute mana saja yang harus kita lalui, dari tempat kita berada dengan titik tujuan yang ingin kita tuju. Google Maps juga sudah dilengkapi dengan lokasi-lokasi point of interest, seperti hotel, rumah makan, dan SPBU.



HONDA iMobili



HONDA iMobili adalah aplikasi BlackBerry yang memberikan informasi layanan Honda. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat Honda Intelligent Mobility System in-Hand yang memberikan informasi layanan produk Honda plus navigasi GPS untuk mengetahui lokasi dealer Honda terdekat. Aplikasi BlackBerry HONDA iMobili dapat di download di http://iMobili.hondaisme.com



Indonesia Toll View



Aplikasi ini tersedia di Android Market. Layanan ini merupakan shortcut ke website Jasmarga yang memberikan informasi tentang jalan tol.



Menoo!



Aplikasi kuliner Menoo! memberikan panduan dalam pencarian berbagai menu masakan. Pemudik bisa mengakses informasi di Menoo! melalui perangkat ponsel cerdas, seperti BlackBerry, iPhone, dan ponsel Android.



Menoo! bisa diunduh di www.mymenoo.com secara gratis. Terdapat 260 ribu tempat makan dan lebih dari 2 juta menu yang tersebar di seluruh Indonesia, Singapura, Thailand, Amerika, dan akan menyusul Jepang.[IQBAL MUHTAROM]





TEMPOInteraktif


Blog Archive