Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sunday, June 12, 2011

Setelah Nusantara Online, Hadirlah Majapahit Online

Jakarta - Kebangkitan game buatan anak negeri harus didukung. Setelah hadirnya game Nusantara Online, kini menyusul hadir game bersetting kejayaan Nusantara lama lain berjudul Majapahit Online.

Tak seperti Nusantara Online yang memang ditujukan sebagai game Massive Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG), Majapahit Online merupakan game facebook. Game ini diproduksi oleh Anantarupa Studios.

Anantarupa Studios mengangkat tema Majapahit bukan untuk mengagung-agungkan masa lalu atau salah satu suku saja, tetapi agar dapat menyadarkan bangsa Indonesia bahwa dengan bersatu barulah kita dapat menjadi kuat. Di masa Majapahit-lah pondasi untuk NKRI pertama kali ditanam, yaitu saat seluruh nusantara bersatu untuk secara bersama melindungi seluruh wilayah nusantara sebagai satu kesatuan baik di darat, laut, serta segala sumber daya di dalamnya.

Game ini di-design dengan beberapa alternatif penceritaan dimana alur cerita akan berbeda-beda, tergantung dari partisipasi aktif dan kerjasama tiap-tiap pemain dalam menentukan pilihan. Majapahit Online disajikan dengan genre visual novel dan sedikit elemen strategi-strategi Jawa seperti Garuda Vyuha, Dirada meta, dan sebagainya.


Dari Novel ke Game

Bab pertama dari cerita Majapahit Online berjudul Senopati Terakhir, yang secara singkat menceritakan tentang berakhirnya masa Singhasari sampai dengan awal berdirinya Majapahit. Ulasan lebih lengkap tentang cerita ini telah dituangkan dalam sebuah novel berjudul Senopati Terakhir karya Setyo Wardoyo.

Di tengah tingginya tingkat pertumbuhan game dari luar negeri, Anantarupa Studios mencoba untuk ikut bersaing dengan menyajikan karya anak bangsa secara nasional bahkan internasional, melalui game Majapahit Online dengan masa open beta akhir Juli 2011.

Berdasar rilis yang diterima detikINET, Sabtu (11/6/2011), Anantarupa Studios mengharapkan dukungan dan peran serta aktif dari berbagai pihak, terutama pemerintah untuk ikut membantu pengembangan industri game lokal yang dimotori oleh anak negeri.

Penasaran dengan game ini? saksikan trailernya pada link berikut, dengan lagu pembuka berbahasa Kawi (Jawa Kuno-red) yang sangat apik.( fw / fw )


detikInet

Blog Archive