Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Saturday, June 11, 2011

Indosat Tekan Churn Rate Pelanggan Muda

Suasana acara (rou/inet)

Jakarta - Pelanggan dari usia muda mendominasi 60% jumlah pelanggan seluler yang dilayani Indosat melalui kartu prabayar IM3. Tak mudah untuk mempertahankannya karena tingkat churn rate atau perpindahan pelanggan di segmen ini sangat tinggi.

"Churn rate IM3 sedikit lebih tinggi dengan persentase 13-15%. Ini sudah lebih baik sejak kami terus meretensinya, dulu sempat mencapai 20%," kata Insan Prakasa, Group Head Marketing Indosat, di sela acara IM3 Nonstop, Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (10/6/2011).

Churn rate merupakan nomor pelanggan yang hangus akibat tidak diperpanjang masa aktifnya. Ada banyak alasan mengapa pelanggan enggan terus menggunakannya, mulai dari layanan yang tidak menarik, tarif mahal, atau nomor hanya digunakan sebagai kartu panggil sekali pakai.

Fenomena ini masih berlanjut. Tak hanya di Indosat, churn rate juga terjadi di operator lain. Secara total industri, churn rate pelanggan rata-rata mencapai 15%-20%.

Tak mau terus kehilanggan pelanggan mudanya yang rata-rata membelanjakan pulsa Rp 26 ribu tiap bulannya (dilihat dari average revenue per users/ARPU), Indosat pun coba menawarkan gimmick pemasaran terbaru lewat IM3 Nonstop.

"Program ini menawarkan gratis telepon ke sesama Indosat, gratis SMS ke semua operator dengan ketentuan dan timeband tertentu, serta gratis mendownload musik sepuasnya. Program ini akan kami evaluasi selama tiga bulan," kata Insan.

IM3 sendiri memberikan kontribusi pelanggan dan jumlah pendapatan 60% dari total revenue Indosat. Hingga kuartal pertama 2011 ini, pelanggan Indosat berjumlah 45,7 juta, naik tipis dari awal tahun 44,3 juta.( rou / ash )


detikInet

Blog Archive