Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday, June 9, 2011

Persaingan Layanan Daily Deals Di Jogja Mulai Seru

Berawal dari MbakDiskon.com yang memulai layanan daily deals lokal khusus Yogyakarta, seperti yang dimuat DailySocial di bulan April yang lalu. Kali ini DealKeren.com salah satu layanan daily deals kali ini hadir dan siap bersaing di pangsa pasar kota Jogja. Awal hadir di Jogja layanan daily deals satu ini datang dengan promosi besar-besaran.

Beberapa waktu yang lalu, saya diberitahu seorang teman bahwa DealKeren membuka kantor di Jogja karena dia melihat iklan (billboard) DealKeren di Perempatan UKDW, tepatnya di Jl. Dr Wahidin Sudiro Husodo, Jogja. Tingkat lalu lintas jalan ini cukup tinggi, dan billboard DealKeren dipasang menghadap arah selatan. Jika kita telusuri lebih jauh lagi ke arah selatan dari billboard, maka akan kita temui traffic light perempatan UKDW dan fly over Lempuyangan, yang berarti peluang besar untuk dilihat orang-orang yang sedang melewati jalan ini.

Selain promosi dengan media billboard. Akhir-akhir ini teman saya sering mendengar situs daily deals yang satu ini beriklan di radio-radio lokal di Jogja. Ternyata sebelum membuka kantor di kota ini, DealKeren sudah melakukan promosi melalui radio-radio lokal di Jogja.

Kurang lebih 3 minggu ini DealKeren berkantor di Jogjakarta. Kantor dari DealKeren bertempat di Lobi Hotel Saphir Yogyakarta – Jalan Laksda Adisucipto No. 38 Yogyakarta. Tempatnya cukup strategis, dan mudah untuk ditemukan (maps).

"Kedepannya kita akan memperkuat jangkauan merchant di Jogja, setelah itu kita memperluas jangkauan merchant di Solo dan Semarang dengan kantor berbasis di Jogja", tegas Devita Koeswarawangi (Merchant Partnership – DealKeren). Berarti DealKeren akan meng-handle merchant untuk kota-kota besar yang terletak di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Sehingga tawaran diskon semakin banyak dan memungkinkan konsumen untuk menggunakan layanan dari DealKeren ini.

Jika MbakDiskon tetap tidak memperbaiki ketidaklengkapan dari situs mereka, seperti di halaman cara kerja yang masih belum disediakan dan belum dikerjakan secara maksimal, yang seharusnya disediakan oleh layanan daily deals, berfokus kepada kepercayaan, baik itu dari segi merchant dan konsumen. Kemungkinan besar dengan adanya hal kecil seperti ini, merchant maupun konsumen akan meninggalkan layanan daily deals dari MbakDiskon, mereka mulai tidak yakin karena halaman cara kerja yang belum disempurnakan dan mereka akan lebih memilih layanan daily deals lain yang jauh lebih bagus dan meyakinkan.

Mayoritas pengguna layanan daily deals di Jogja adalah para pendatang dari luar Jogja seperti mahasiswa yang belajar di universitas di Jogja dan kalangan menengah ke atas yang mengerti tentang layanan ini. Dan masyarakat Jogja sendiri mungkin belum familiar dengan layanan daily deals selayaknya Groupon yang menjadi gaya hidup bagi warga Amerika.

Seperti yang diutarakan Wiku sebelumnya, bahwa pangsa pasar Jogja mengenai belum sebesar kota besar lainnya, dan ada perbedaan kultur yang harus dipelajari para pelaku daily deals, namun di sisi lain belum banyaknya deals seputar Jogjakarta adalah peluang tersendiri, dengan penawaran unik dan berbeda bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Setelah DealKeren, layanan daily deals mana yang akan memasuki Jogja?( fw / fw )


detikInet

Blog Archive